Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
penguasaan materi Operasi Bentuk Aljabar terhadap kemampuan menyelesaikan
soal-soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) pada siswa kelas VIII
SMP Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015 dan seberapa besar
pengaruh penguasaan materi Operasi Bentuk Aljabar terhadap kemampuan
menyelesaikan soal-soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang dianalisis menggunakan analisis
regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VIII SMP Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 6
kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel
dalam penelitian ini adalah kelas VIII D. Teknik pengumpulan data menggunakan
metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum dilakukan penelitian, terlebih
dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji Lilliefors. Instrumen yang digunakan
berupa tes soal pilihan ganda sebanyak 25 butir soal untuk mengukur penguasaan
materi Operasi Bentuk Aljabar dan 25 butir soal untuk mengukur kemampuan
mengerjakan soal-soal SPLDV.
Hasil penelitian berupa persamaan regresi linier sederhana Ŷ = 48,33 +
0,44 X dan nilai koefisien korelasi sederhana sebesar 0,447 dengan signifikansi
Fhitung = 7,49 > 4,17 = Ftabel. Besar pengaruh penguasaan materi Operasi Bentuk
Aljabar terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal SPLDV pada siswa kelas
VIII SMP Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah sebesar 20%
ditunjukkan oleh koefisien determinasi 0,1998 (dibulatkan 0,2) pada taraf
signifikan α = 5% . Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh penguasaan materi Operasi Bentuk Aljabar terhadap kemampuan
menyelesaikan soal-soal SPLDV pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Purworejo
Tahun Pelajaran 2014/2015.