Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Show simple item record

dc.contributor.author Prastyono
dc.date.accessioned 2018-02-12T07:30:40Z
dc.date.available 2018-02-12T07:30:40Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2198
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun angkatan 2012, (2) pengaruh prestasi belajar terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun angkatan 2012, (3) pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan prestasi belajar terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun angkatan 2012. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun angkatan 2012 yang berjumlah 52 orang. Sampel penelitian karena jumlah populasi yang kecil maka seluruh populasi dijadikan sampel yaitu 52 orang atau termasuk penelitian populasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diuji cobakan dan memenuhi syarat validitas dan reabilitas serta metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pengujian prasyarat analisis dan pengujian hipotesis menggunakan korelasi parsial dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang signifikan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun angkatan 2012 yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel yaitu: 2,1030>2,0096 dengan sumbangan sebesar 14,7%, (2) terdapat pengaruh yang signifikan prestasi belajar terhadap terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun angkatan 2012 yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel yaitu: 3,1560>2,0096 dengan sumbangan sebesar 24,6%, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan prestasi belajar terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun angkatan 2012 yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung>Ftabel yaitu: 15,847>3,190 pada taraf signifikansi 5% dengan sumbangan kedua variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi minat menjadi guru sebesar 39,3%. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Praktik Pengalaman Lapangan(PPL), prestasi belajar, minat menjadi guru en_US
dc.title PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account