dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) pengaruh Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa
Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun
angkatan 2012, (2) pengaruh prestasi belajar terhadap minat menjadi guru pada
mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
tahun angkatan 2012, (3) pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan
prestasi belajar terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik
Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun angkatan 2012.
Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif
Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun angkatan 2012 yang berjumlah 52
orang. Sampel penelitian karena jumlah populasi yang kecil maka seluruh
populasi dijadikan sampel yaitu 52 orang atau termasuk penelitian populasi.
Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan metode angket
yang telah diuji cobakan dan memenuhi syarat validitas dan reabilitas serta
metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pengujian
prasyarat analisis dan pengujian hipotesis menggunakan korelasi parsial dan
korelasi ganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang
signifikan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap minat menjadi guru pada
mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
tahun angkatan 2012 yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel yaitu:
2,1030>2,0096 dengan sumbangan sebesar 14,7%, (2) terdapat pengaruh yang
signifikan prestasi belajar terhadap terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa
Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun
angkatan 2012 yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel yaitu: 3,1560>2,0096
dengan sumbangan sebesar 24,6%, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan prestasi belajar terhadap minat menjadi
guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah
Purworejo tahun angkatan 2012 yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung>Ftabel yaitu:
15,847>3,190 pada taraf signifikansi 5% dengan sumbangan kedua variabel ini
secara bersama-sama mempengaruhi minat menjadi guru sebesar 39,3%. |
en_US |