Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah persepsi siswa
SMK terhadap interaksi edukatif guru dalam pembelajaran matematika di kelas.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan desain penelitian
fenomenologi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI BB1,
XI BB2, dan XI BB3 SMK Negeri 3 Purworejo yang aktif dalam pembelajaran
matematika. Teknik pengambilan subjek menggunakan purposive sampling dan
snowball sampling. Subjek penelitian diambil melalui pengamatan awal di kelas,
selanjutnya penulis melakukan pengamatan lebih lanjut kepada subjek secara
bertahap satu per satu setelah siswa pulang sekolah sampai data yang didapat
sudah jenuh. Instumen Pengumpulan data yaitu peneliti sendiri dengan alat bantu
berupa panduan observasi, panduan angket, dan panduan wawancara yang sudah
divalidasi oleh dua validator. Analisis data menggunakan model Miles dan
Huberman dengan menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian
ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Dari penelitian tersebut diperoleh persepsi siswa terhadap interaksi edukatif
guru dalam pembelajaran matematika yaitu: (1) guru matematika termasuk guru
yang disiplin, (2) guru dalam mengajar mudah dipahami siswa, (3) guru
memberikan nasihat kepada siswa yang kurang konsentrasi mengikuti pelajaran,
(4) komunikasi yang dilakukan guru kepada siswa terjalin baik, (5) guru
mendorong dan melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran, (6) guru
memberikan motivasi kepada siswa agar siswa semangat belajar, (7) guru kurang
terampil dalam menggunakan variasi media dan guru kurang memanfaatkan
fasilitas yang ada, (8) guru membantu siswa yang mengalami kesulitan saat
pembelajaran berlangsung, (9) guru menerima pendapat, saran, dan kritik dari
siswa, (10) guru tidak membeda-bedakan setiap siswa.