Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Persepsi Siswa SMK Terhadap Interaksi Edukatif Guru Dalam Pembelajaran Matematika

Show simple item record

dc.contributor.author Istingaina
dc.date.accessioned 2018-02-12T07:32:12Z
dc.date.available 2018-02-12T07:32:12Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2199
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah persepsi siswa SMK terhadap interaksi edukatif guru dalam pembelajaran matematika di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan desain penelitian fenomenologi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI BB1, XI BB2, dan XI BB3 SMK Negeri 3 Purworejo yang aktif dalam pembelajaran matematika. Teknik pengambilan subjek menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Subjek penelitian diambil melalui pengamatan awal di kelas, selanjutnya penulis melakukan pengamatan lebih lanjut kepada subjek secara bertahap satu per satu setelah siswa pulang sekolah sampai data yang didapat sudah jenuh. Instumen Pengumpulan data yaitu peneliti sendiri dengan alat bantu berupa panduan observasi, panduan angket, dan panduan wawancara yang sudah divalidasi oleh dua validator. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dari penelitian tersebut diperoleh persepsi siswa terhadap interaksi edukatif guru dalam pembelajaran matematika yaitu: (1) guru matematika termasuk guru yang disiplin, (2) guru dalam mengajar mudah dipahami siswa, (3) guru memberikan nasihat kepada siswa yang kurang konsentrasi mengikuti pelajaran, (4) komunikasi yang dilakukan guru kepada siswa terjalin baik, (5) guru mendorong dan melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran, (6) guru memberikan motivasi kepada siswa agar siswa semangat belajar, (7) guru kurang terampil dalam menggunakan variasi media dan guru kurang memanfaatkan fasilitas yang ada, (8) guru membantu siswa yang mengalami kesulitan saat pembelajaran berlangsung, (9) guru menerima pendapat, saran, dan kritik dari siswa, (10) guru tidak membeda-bedakan setiap siswa. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject persepsi siswa, interaksi edukatif, pembelajaran matematika en_US
dc.title Persepsi Siswa SMK Terhadap Interaksi Edukatif Guru Dalam Pembelajaran Matematika en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account