Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika
siswa dengan model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education)
dengan pendekatan Picture and Picture akan lebih baik dibandingkan dengan
metode pembelajaran Ekspositori pada Kelas VII SMP Negeri 1 Petanahan tahun
pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini adalah model penelitian eksperimen semu. Populasi
penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Petanahan pada tahun
pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian berjumlah 2 kelas. Pengambilan sempel
menggunakan teknik sampling Simple Random Sampling. Instrumen dalam
penelitian ini adalah observasi, dokumen, dan tes. Instrumen yang digunakan telah
diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data
menggunakan uji t dengan 2 tahap analisis.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran RME
(Realistic Mathematic Education) dengan Pendekatan Picture and Picture
menghasilkan hasil belajar matematika yang lebih baik dari pada model
pembelajaran Ekspositori pada materi Segiempat siswa kelas VII SMP Negeri 1
Petanahan tahun pelajaran 2015/2016. Peneliti berharap model pembelajaran yang
peneliti lakukan dapat diterapkan ataupun dikembangkan oleh guru matematika
SMP Negeri 1 Petahan di dalam proses pembelajaran matematika.