Abstract:
Matematika merupakan salah satu ilmu yang mengembangkan daya nalar
dan logika karena, matematika terbentuk dan berkembang melalui proses
penalaran. Bagaimana proses bernalar peserta didik untuk menemukan sebuah
konsep, sejatinya perlu diperhatikan oleh guru. Karena pada dasarnya proses
bernalar antara satu peserta didik dengan peserta didik yang lain berbeda.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses bernalar
peserta didik dalam menemukan konsep matematika berbasis lembar kerja peserta
didik (LKPD). Penelitian dilakukan pada SMA/ MA kelas X. Metode yang
digunakan adalah metode kualitatif yang mengacu pada hasil tertulis, hasil
observasi, hasil catatan lapangan dan hasil wawancara. Subjek penelitian diambil
dengan teknik purposive sampling sebanyak 3 orang peserta didik. Pemeriksaan
validitas data dilakukan dengan triangulasi metode. Analisa data dilakukan
melalui beberapa tahapan yaitu data reduction, data display danconclusion
drawing / verification.
Berdasarkan hasil penelitian secara umum proses bernalar peserta didik
dalam menemukan konsep matematika berbasis lembar kerja peserta didik
(LKPD) kelas X SMA/ MA adalah sebagai berikut: (a) mendiskripsikan apa yang
dilihat dari gambar, (b) mengidentitifikasi dengan cara menentukan hal-hal prinsip
masalah terkait dengan gambar yang disajikan, (c) mengubah bentuk verbal ke
bentuk gambar, (d) memahami keterangan atau petunjuk dalam menemukan
konsep matematika, (e) kemampuan menemukan hubungan berdasarkan
keterangan atau gambar, (f) kemampuan untuk mengadakan perbandingan (g)
menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, (h) melengkapi
permisalan, (i) menggambar permasalahan dan menggunakan simbol matematika,
(j) melengkapi rumus, (k) melengkapi algoritma penyelesaian sehingga diperoleh
proses mencari jawaban yang benar (l) mengecek gambar yang sudah dibuat, (m)
memperbaiki gambar yang sudah dibuat, (n) mencari hubungan berdasarkan
gambar, (o) membuat generalisasi dengan menggunakan kalimat sendiri dan (p)
melengkapi kesimpulan dengan menggunakan kata atau simbol matematika.