Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Proses Bernalar Peserta Didik Dalam Menemukan Konsep Matematika Berbasis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kelas X SMA/ MA

Show simple item record

dc.contributor.author Waryanti, Lilis
dc.date.accessioned 2018-02-12T07:37:53Z
dc.date.available 2018-02-12T07:37:53Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2204
dc.description.abstract Matematika merupakan salah satu ilmu yang mengembangkan daya nalar dan logika karena, matematika terbentuk dan berkembang melalui proses penalaran. Bagaimana proses bernalar peserta didik untuk menemukan sebuah konsep, sejatinya perlu diperhatikan oleh guru. Karena pada dasarnya proses bernalar antara satu peserta didik dengan peserta didik yang lain berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses bernalar peserta didik dalam menemukan konsep matematika berbasis lembar kerja peserta didik (LKPD). Penelitian dilakukan pada SMA/ MA kelas X. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang mengacu pada hasil tertulis, hasil observasi, hasil catatan lapangan dan hasil wawancara. Subjek penelitian diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 3 orang peserta didik. Pemeriksaan validitas data dilakukan dengan triangulasi metode. Analisa data dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu data reduction, data display danconclusion drawing / verification. Berdasarkan hasil penelitian secara umum proses bernalar peserta didik dalam menemukan konsep matematika berbasis lembar kerja peserta didik (LKPD) kelas X SMA/ MA adalah sebagai berikut: (a) mendiskripsikan apa yang dilihat dari gambar, (b) mengidentitifikasi dengan cara menentukan hal-hal prinsip masalah terkait dengan gambar yang disajikan, (c) mengubah bentuk verbal ke bentuk gambar, (d) memahami keterangan atau petunjuk dalam menemukan konsep matematika, (e) kemampuan menemukan hubungan berdasarkan keterangan atau gambar, (f) kemampuan untuk mengadakan perbandingan (g) menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, (h) melengkapi permisalan, (i) menggambar permasalahan dan menggunakan simbol matematika, (j) melengkapi rumus, (k) melengkapi algoritma penyelesaian sehingga diperoleh proses mencari jawaban yang benar (l) mengecek gambar yang sudah dibuat, (m) memperbaiki gambar yang sudah dibuat, (n) mencari hubungan berdasarkan gambar, (o) membuat generalisasi dengan menggunakan kalimat sendiri dan (p) melengkapi kesimpulan dengan menggunakan kata atau simbol matematika. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Proses bernalar, menemukan konsep matematika, lembar kerja peserta didik (LKPD). en_US
dc.title Proses Bernalar Peserta Didik Dalam Menemukan Konsep Matematika Berbasis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kelas X SMA/ MA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account