Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifi
kan antara: (1) kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika; (2)
motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika; (3) kecerdasan emosional
dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Banyu
urip sebanyak 774 siswa dengan sampel sebanyak 186 siswa. Teknik sampling
yang digunakan Cluster Random Sampling Setelah data diperoleh dilakukan uji
prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan Chi Kuadrat, uji homogenitas menggunakan
uji F, untuk menjawab hipotesis menggunakan uji z.
Hasil penelitian pada korelasi α = 5% menunjukkan bahwa terdapat hubung
an yang positif antara: (1) kecerdasan emosiona ldengan prestasi belajar matemati
ka yaitu Г sebesar 0.593 dan signifikan; (2) motivasi berprestasi dengan prestasi
belajar matematika yaitu Г sebesar 0.399 dan signifikan; (3) kecerdasan emosional
dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar matematika yaitu sebesar 0,037
tetapi tidak signifikan. Disimpulkan motivasi mempengaruhi peserta didik untuk
senantiasa semangat dalam melakukan pembelajaran di imbangi pengelolaan emosi
yang baik tentunya akan mudah untuk meningkat kan prestasi belajar.