Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana penerapan
langkah-langkah dalam peningkatan kemampuan berpidato pada siswa kelas XI
SMA Pancasila Purworejo; (2) bagaimana aktivitas dan sikap siswa kelas XI
SMA Pancasila Purworejo terhadap pembelajaran berpidato dengan metode
pemodelan; (3) bagaimana kemampuan berpidato siswa kelas XI SMA Pancasila
Purworejo dengan menggunakan metode pemodelan.
Penelitian ini dilakukan di SMA Pancasila Purworejo dengan sampel
kelas XI IPA 2. Penelitian dilakukan selama tiga kali tatap muka dengan materi
berpidato impromtu, ekstemporan, dan naskah dengan menggunakan metode
“pemodelan”. Penelitian diawali dengan prasiklus dan dilanjutkan dengan dua
siklus. Setiap siklus menggunakan teknik pengumpulan data tes dan nontes,
sedangkan analisis data menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Data-data
yang diperoleh telah diuji dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas oleh guru
mata pelajaran yang bersangkutan.
Pembelajaran berpidato dengan pemodelan dilakukan dengan
menggunakan model untuk mendemonstrasikan cara berpidato yang benar.
(1) Langkah-langkah yang diterapkan adalah membagi tema pidato kepada siswa,
bertindak sebagai model, memberi kesempatan siswa untuk berlatih, dan
menugasi siswa untuk maju berpidato. (2) Berdasarkan hasil penelitian, siswa
menunjukkan sikap kurang tertarik terhadap pidato pada prasiklus. Namun, siswa
menunjukkan peningkatan minat terhadap pidato pada siklus I dan siklus II.
Beberapa siswa menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan pidato, beberapa
siswa juga ingin menjadi model dalam setiap pembelajaran pidato. (3) Terjadi
peningkatan dalam nilai pidato siswa setelah diberikan metode pemodelan. Pada
prasiklus, rata-rata delapan aspek pidato seluruh siswa adalah 5.87. Pada siklus I,
rata-rata delapan aspek pidato seluruh siswa adalah 7.08. Nilai rata-rata delapan
aspek pidato seluruh siswa pada siklus II adalah 7.42. Hal ini menjadi bukti
bahwa telah terjadi peningkatan kemampuan berpidato pada siswa setelah
diberikannya pembelajaran dengan metode pemodelan.