Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII E SMP Negeri 25 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Jannah, Nadhi Fathul
dc.date.accessioned 2018-02-12T07:49:20Z
dc.date.available 2018-02-12T07:49:20Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2211
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan kemandirian belajar siswa dengan model pembelajaran Quantum Teaching di kelas VIII E SMP Negeri 25 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 25 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa, terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengumpulan data dengan metode observasi, metode kuesioner (angket), wawancara, tes, metode dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Miles and Huberman. Hasil penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching, kemandirian belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut dapat terlihat dari: (1) Sebagian besar siswa pada siklus II, memiliki kemauan untuk belajar matematika, hal tersebut dikarenakan agar lebih paham dengan materi matematika; (2) Sebagian besar siswa pada siklus II, sudah belajar atas kemauan sendiri dan mampu menyelesaikan permasalahan matematika tanpa bantuan orang lain dikarenakan siswa memiliki keinginan untuk terampil dalam menyelesaikan permasalahan matematika; (3) Sebagian besar siswa pada siklus II, sudah mampu menunjukan sikap kreatif dan kritis karena siswa sudah mampu memahami materi matematika. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut ditunjukan dari hasil tes pada siklus I yaitu 68 dan siswa yang telah mendapat nilai ≥65 (KKM) sebanyak 22 siswa. Sedangkan, pada siklus II rata-rata yang diperoleh yaitu 78,22 dan siswa yang telah mendapat nilai ≥65 (KKM) sebanyak 26 siswa. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Quantum Teaching, Kemandirian Belajar Siswa en_US
dc.title Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII E SMP Negeri 25 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account