Abstract:
Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui pengaruh keterampilan operasional
mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 2
Kebumen; 2) Mengetahui pengaruh keterampilan operasional mengajar guru
terhadap Prestasi Belajar siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 2 Kebumen; dan
3)Mengetahui pengaruh keterampilan operasional mengajar guru terhadap
Motivasi dan Prestasi Belajar siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 2 Kebumen?
Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan jumlah sampel sampel 105
siswa dari dua kelas Teknik Kendaraan Ringan kelas XI di SMK Negeri 2
Kebumen. Variabel keterampilan operasional mengajar guru dan motivas belajar
diperoleh menggunakan angket. Data prestasi belajar diperoleh menggunakan
data dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh positif dan signfikan
keterampilan operasional mengajar guru terhadap motivasi belajar dengan thitung
sebesar 6,993 dan p=0,000; 2)Ada pengaruh positif dan signfikan keterampilan
operasional mengajar guru terhadap prestasi belajar dengan thitung sebesar 6,007
dan p=0,000; dan 3)Ada pengaruh positif dan signfikan keterampilan operasional
mengajar guru terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar dengan kontribusi
sebesar 37,0%, terdiri dari pengaruh total keterampilan operasional mengajar guru
terhadap prestasi sebesar 18,2% dan total pengaruh mtovasi terhadpa prestasi
belajar sebesar 18,8%.