Abstract:
Permasalahan pokok yang penulis teliti dalam skripsi ini adalah (1) bagaimanakah aspek sosial yang terdapat dalam novel Menebus Impian karya Abidah El Khalieqy terutama aspek cinta kasih, agama, ekonomi, dan pendidikan, (2) bagaimanakah hubungan aspek-aspek sosial dalam novel Menebus Impian Karya Abidah El Khalieqy, dan (3) bagaimanakah skenario pembelajaran novel Menebus Impian karya Abidah El Khalieqy di kelas XI SMA. Tujuan yang ingin dicapai adalah mendeskripsikan aspek-aspek sosial, hubungan aspek-aspek sosial, dan skenario pembelajaran novel Menebus Impian karya Abidah El Khalieqy di kelas XI SMA yang digunakan adalah pembelajaran group investigation.
Teori yang menjadi kerangka acuan penelitian ini ialah teori yang dikemukakan oleh Damono (1986: 6) yang mengemukakan bahwa sosiologi adalah telaah yang objektif dan ilmiah tentang manusia dalam masyarakat, telaah tentang lembaga dan proses sosial, serta lembaga-lembaga sosial dan segala permasalahan ekonomi, keagamaan, politik, dan lain-lain yang semua itu merupakan struktur sosial yang dikaji dalam sosiologi sastra.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Objek penelitian ini adalah aspek sosial dalam novel Menebus Impian karya Abidah El Khalieqy. Fokus penelitian ini adalah aspek sosial dan skenario pembelajarannya di kelas XI SMA. Instrument penelitian ini adalah kartu pencatat dan alat tulis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi. Teknik analisis data digunakan teknik analisis isi, yaitu membahas dan mengkaji isi novel Menebus Impian karya Abidah El Khalieqy. Teknik penyajian hasil analisis digunakan teknik metode informal adalah penyajian hasil analisis data dengan kata-kata biasa.
Dari pembahasan data, penulis memperoleh simpulan (1) aspek-aspek sosial dalam novel Menebus Impian karya Abidah El Khalieqy, meliputi (a) aspek cinta kasih terdiri dari cinta kasih antara Nur Kemalajati kepada Emak, cinta kasih Emak kepada Nur Kemalajati, dan cinta kasih Nur Kemalajati kepada Dian Septiaji, (b) aspek agama ditunjukkan dengan ketaatan dalam menjalankan perintah agama, (c) aspek ekonomi ditunjukkan dengan adanya perubahan tingkat perekonomian, (d) aspek pendidikan terdiri dari pendidikan formal dan non-formal. (2) hubungan aspek-aspek sosial dalam novel Menebus Impian antara lain: (a) hubungan aspek cinta kasih dengan aspek pendidikan, (b) aspek cinta kasih dengan ekonomi, (c) aspek ekonomi dengan aspek pendidikan. (3) novel Menebus Impian karya Abidah El Khalieqy dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran di kelas XI SMA. Skenario pembelajaran yang digunakan pada skripsi ini adalah pembelajaran group investigation.