Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan
kreativitas belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe TAI dengan strategi Crossword Puzzle. Model pembelajaran dan strategi ini
diterapkan pada materi bentuk aljabar.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari
dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 26
Purworejo yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah metode observasi dan metode tes. Sedangkan instrumen yang digunakan
berupa lembar observasi untuk mengukur kreativitas belajar siswa dan lembar
penilaian tes yang berbentuk essay digunakan untuk mengukur tingkat
pemahaman konsep siswa. Teknis analisis data menggunakan rata-rata dan
persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe TAI dengan strategi Crossword Puzzledalam proses pembelajaran
dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas belajar matematika.
Keadaan ini ditunjukkan dari hasil tes rata-rata pemahaman konsep siswa pada
siklus I sebesar 69,09 dengan persentase ketuntasan klasikal 51,61% dan
meningkat pada siklus II rata-ratanya menjadi 76,59 dengan persentase ketuntasan
klasikal 74,19%. Selain itu, pada lembar observasi kreativitas siswa siklus I
diperoleh rata-rata persentase sebesar 66,49% meningkat pada siklus II menjadi
77,24% dengan kategori kreatif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran TAI dengan strategi Crossword Puzzle dapat
meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas belajar matematika di kelas
VIII C SMP Negeri 26 Purworejo.