Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kreativitas Belajar Matematika Siswa Melalui Team Assisted Individualization (TAI) dengan Strategi Crossword Puzzle pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 26 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Ulfah, Rakhmawati
dc.date.accessioned 2018-02-12T07:51:40Z
dc.date.available 2018-02-12T07:51:40Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2214
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan strategi Crossword Puzzle. Model pembelajaran dan strategi ini diterapkan pada materi bentuk aljabar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 26 Purworejo yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes. Sedangkan instrumen yang digunakan berupa lembar observasi untuk mengukur kreativitas belajar siswa dan lembar penilaian tes yang berbentuk essay digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman konsep siswa. Teknis analisis data menggunakan rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan strategi Crossword Puzzledalam proses pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas belajar matematika. Keadaan ini ditunjukkan dari hasil tes rata-rata pemahaman konsep siswa pada siklus I sebesar 69,09 dengan persentase ketuntasan klasikal 51,61% dan meningkat pada siklus II rata-ratanya menjadi 76,59 dengan persentase ketuntasan klasikal 74,19%. Selain itu, pada lembar observasi kreativitas siswa siklus I diperoleh rata-rata persentase sebesar 66,49% meningkat pada siklus II menjadi 77,24% dengan kategori kreatif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TAI dengan strategi Crossword Puzzle dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas belajar matematika di kelas VIII C SMP Negeri 26 Purworejo. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject TAI, Crossword Puzzle, Pemahaman Konsep, Kreativitas Belajar en_US
dc.title Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kreativitas Belajar Matematika Siswa Melalui Team Assisted Individualization (TAI) dengan Strategi Crossword Puzzle pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 26 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account