Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran
Snowball Throwing kombinasi Talking Stick lebih efektif daripada metode
pembelajaran ceramah terhadap koneksi matematis dan pemahaman konsep siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Prembun tahun pelajaran 2015/2016.
Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Prembun
tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple
random sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas VIII E sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Pengambilan data
menggunakan lembar observasi aktifitas siswa dan lembar kompetensi guru yang
telah memenuhi syarat validitas isi serta soal tes uraian koneksi matematis dan
pemahaman konsep yang telah memenuhi syarat validitas isi dan reliabilitas.
Perhitungan korelasi menggunakan perhitungan korelasi product moment. Uji
prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas bivariate dan uji homogenitas
menggunakan metode Box M’s Test pada taraf signifikansi 0,05. Sedangkan pada
uji hipotesis dengan menggunakan uji-t multivariat dilanjutkan uji univariat.
Hasil penelitian menunjukkan persentase ketuntasan pada kompetensi guru
sebesar 78% dan aktivitas siswa mencapai 80%. Hasil uji-t multivariat
menunjukkan bahwa metode pembelajaran Snowball Throwing kombinasi Talking
Stick berbeda efektifitasnya dengan metode pembelajaran ceramah. Hasil uji-t
univariat menunjukkan bahwa metode pembelajaran Snowball Throwing
kombinasi Talking Stick lebih efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode
pembelajaran Snowball Throwing kombinasi Talking Stick lebih efektif daripada
metode pembelajaran ceramah terhadap koneksi matematis dan pemahaman
konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prembun tahun pelajaran 2015/2016.