Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH MEDIA VIDEO KLIP DAN TEKNIK 5W+1H TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA PANCASILA PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Wibowo, Rudi
dc.date.accessioned 2018-02-12T07:57:18Z
dc.date.available 2018-02-12T07:57:18Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2219
dc.description.abstract Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah pengaruh media video klip dan teknik 5W+1H terhadap aktivitas belajar menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Pancasila Purworejo, (2) bagaimanakah peningkatan prestasi belajar menulis cerpen siswa kelas X SMA Pancasila Purworejo setelah memperoleh pembelajaran menulis cerpen dengan media video klip dan teknik 5W+1H. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengaruh media video klip dan teknik 5W+1H terhadap aktivitas belajar menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Pancasila Purworejo, (2) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar menulis cerpen siswa kelas X SMA Pancasila Purworejo setelah memperoleh pembelajaran menulis cerpen dengan media video klip dan teknik 5W+1H. Teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Sukirno (2010: 83) mendefinisikan bahwa cerita pendek atau disingkat cerpen adalah cerita yang isinya mengisahkan peristiwa pelaku cerita secara singkat dan padat tetapi mengandung kesan yang mendalam, peristiwa itu dapat nyata atau imajinasi saja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Arikunto. Proses penelitian ini setiap siklusnya terdiri atas empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh dengan menggunakan metode angket, jurnal siswa, observasi, dokumentasi, dan tes menulis cerpen. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) Sikap dan minat siswa mengalami peningkatan ke arah yang lebih positif setelah dilaksanakan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media video klip dan teknik 5W+1H. (2) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan media video klip dan teknik 5W+1H dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen. Hal ini dapat ditandai dengan meningkatnya kemampuan menulis cerpen siswa pada tiap siklusnya. Sebelum menggunakan media video klip dan teknik 5W+1H, rerata kemampuan siswa dalam menulis cerpen adalah 66,93. Setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan media video klip dan teknik 5W+1H pada siklus I, rerata kemampuan siswa dalam menulis cerpen menjadi 70,86. Terjadi peningkatan nilai dari prasiklus ke siklus I sebesar 3,93. Selanjutnya, pada siklus II, rerata kemampuan siswa dalam menulis cerpen meningkat lagi menjadi 73,13. Terjadi lagi peningkatan nilai dari siklus I ke siklus II sebesar 2,27. Dengan demikian, telah terbukti bahwa penggunaan media video klip dan teknik 5W+1H dapat meningkatkan prestasi akademik siswa kelas X.A SMA Pancasila Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject penelitian tindakan kelas, cerpen, media video klip, teknik 5W+1H en_US
dc.title PENGARUH MEDIA VIDEO KLIP DAN TEKNIK 5W+1H TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA PANCASILA PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account