Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar
matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think
Talk Write (TTW) lebih baik dari pada siswa yang menggunakan tipe Cooperative
Script pada siswa kelas VII MTs Negeri 1 Prembun tahun pelajaran 2015/2016.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 1 Prembun
yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian adalah kelas VII D dan kelas VII C.
pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data
dilakukan dengan dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan telah
divalidasikan dengan uji korelasi product moment dengan rumus angka kasar serta
telah diuji reliabilitaskan dengan rumus KR 21. Analisis data menggunakan uji
normalitas, homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar matematika siswa
yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW)
lebih baik dari pada siswa yang menggunakan tipe Cooperative Script pada siswa
kelas VII MTs Negeri 1 Prembun tahun pelajaran 2015/2016.