Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan dan prestasi belajar
siswa dengan model pembelajaran Team Quiz lebih baik daripada model
pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions).
Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 24
Purworejo tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik
cluster random sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas E sebagai kelas
eksperimen dan kelas F sebagai kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan
lembar observasi keaktifan yang telah memenuhi syarat validitas isi dan soal tes
uraian prestasi belajar yang telah memenuhi syarat validitas butir, validitas
instrumen, dan reabilitas. Uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas
bivariat dan uji homogenitas mengggunakan metode Box M’s test pada taraf
signifikansi 0.05. Sedangkan uji hipotesis menggunakan uji-t multivariat
dilanjutkan uji-t univariat.
. Bedasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat disimpulkan
bahwa keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa dengan model
pembelajaran Team Quiz lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran
STAD (Student Teams Achiement Division) pada siswa kelas VIII SMP N 24
Purworejo tahun ajaran 2015/2016.