Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS VII SMP N 4 PURWOREJO TAHUN PEMBELAJARAN 2012 / 2013

Show simple item record

dc.contributor.author Isnawati, Yuni
dc.date.accessioned 2018-02-12T08:03:04Z
dc.date.available 2018-02-12T08:03:04Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2226
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan meyimak berita melalui model pembelajaran cooperative script pada siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Purworejo tahun pembelajaran 2012/2013; (2) mendeskripsikan perubahan sikap dan perilaku siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Purworejo Tahun Pembelajaran 2012/2013 setelah mengikuti model pembelajaran cooperative script. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Purworejo Tahun Pembelajaran 2012/2013. Dalam pengumpulan data, penelitian ini digunakan teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes berupa tes menyimak berita, sedangkan teknik nontes berupa lembar observasi, jurnal dan dokumen foto. Dalam teknik analisis data, digunakan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Metode penyajian data hasil analisis dilakukan dengan metode informal. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) kemampuan menyimak berita mengalami peningkatan pada prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada prasiklus diperoleh rerata skor sebesar 46,62 tergolong kurang, pada siklus I diperoleh rerata sebesar 72,97 tergolong cukup dan pada siklus II diperoleh rerata sebesar 79,22 tergolong baik; (2) perubahan perilaku dan sikap siswa dari negatif ke arah positif setelah dilaksanakan pembelajaran menyimak berita dengan model pembelajaran cooperative script. Pada siklus I, siswa cenderung kurang antusias selama proses pembelajaran saat diskusi kelompok. Selain itu, siswa juga kurang percaya diri dalam diskusi kelas dan saat mengerjakan tes. Pada siklus II, terjadi perubahan perilaku belajar siswa ke arah positif yang ditunjukkan dengan keaktifan dan antusias siswa selama proses pembelajaran menyimak berita. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya perubahan perilaku positif siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Purworejo Tahun Pembelajaran 2012/2013 setelah mengikuti menyimak berita melalui model pembelajaran cooperative script. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject menyimak, berita, pembelajaran cooperative script en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS VII SMP N 4 PURWOREJO TAHUN PEMBELAJARAN 2012 / 2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account