Abstract:
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan (1) partisipasi siswa dan (2)
prestasi belajar matematika siswa kelas VIII A SMP IT Ulul Albab melalui
pembelajaran kooperatif tipe TPS.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A semester I SMP
IT Ulul Albab Purworejo tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data
menggunakan lembar observasi dan tes yang telah divalidasi oleh para ahli.
Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif dan deskripsi
persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) partisipasi siswa mengalami
peningkatan. Terlihat pada siklus I siswa yang sudah memenuhi indikator
sebanyak 15 siswa dengan presentase 53,57%. Karena belum memenuhi indikator
keberhasilan maka dilanjutkan siklus II. Pada siklus II siswa yang sudah
memenuhi indikator sebanyak 21 dengan presentase 75%. (2) prestasi belajar
matematika siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I rerata kelas dari 67,92
dengan ketuntasan klasikal 60,71% menjadi 78,07 dengan ketuntasan klasikal
sebesar 82,14% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif
TPS dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar matematika kelas VIII A
SMP IT Ulul Albab tahun ajaran 2015/2016.