Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

NILAI-NILAI RELIGIUSITAS NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH KARYA TERE LIYE DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA KELAS XI

Show simple item record

dc.contributor.author Kusumawati, Yulia
dc.date.accessioned 2018-02-12T08:05:55Z
dc.date.available 2018-02-12T08:05:55Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2230
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui nilai-nilai religiositas yang terkandung dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye, 2) mengetahui skenario pembelajaran novel Moga Bunda Disayang Allah di SMA kelas XI. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai religiositas yang terkandung dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye. Fokus penelitian ini adalah kutipan-kutipan yang mengandung nilai nilai religiositas. Sumber data dalam penelitian ini adalah keseluruhan teks novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye. Instrumen penelitian ini adalah kartu pencatat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pustaka, observasi, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi, yaitu membahas dan mengkaji isi novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye. Teknik penyajian hasil analisis yang digunakan metode informal adalah penyajian hasil analisis data dengan kata-kata biasa. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa nilai religiositas dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye ada tiga, yaitu 1) hubungan manusia dengan Tuhannya, 2) hubungan manusia dengan manusia dan 3) hubungan manusia dengan alam sekitarnya. Hubungan manusia dengan Tuhannya yang mencangkup nilai-nilai Islam yaitu nilai aqidah seperti shalat wajib, shalat sunnah, berdoa, bersyukur, dan bersabar. Hubungan manusia dengan manusia yang mencangkup nilai-nilai Islam yaitu sikap saling tolong-menolong dan kasih sayang terhadap sesama, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya yaitu mengagumi keindahan dan keagungan ciptaan Tuhan. Skenario pembelajaran yang digunakan pada skripsi ini adalah pembelajaran group investigation. Skenario pembelajarannya yaitu a). kegiatan awal guru dan siswa datang tepat waktu, memulai pelajaran dengan berdoa. b). tahap inti, pada tahap ini meliputi tahap eksplorasi, tahap elaborasi, dan tahap konfirmasi. c). penutup: guru dan siswa membuat simpulan/ rangkuman dari materi yang telah dipelajari dan sebagai evaluasi, siswa diberi tugas mengerjakan lembar soal yang telah disiapkan oleh guru. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject nilai-nilai religiositas, novel Moga Bunda Disayang Allah en_US
dc.title NILAI-NILAI RELIGIUSITAS NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH KARYA TERE LIYE DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA KELAS XI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account