Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar
siswa dengan model pembelajaran Active Learning tipe Firing Line pada siswa
kelas VII F SMP Negeri 36 Purworejo tahun ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII F yang berjumlah 32 siswa, yang
terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 21 siswi perempuan. Metode pengumpulan data
menggunakan observasi untuk data aktivitas belajar siswa, tes untuk data prestasi
belajar siswa dan dokumentasi untuk memperkuat data yang diperoleh dalam
observasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan rumus
rata-rata dan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas VII F
SMP Negeri 36 Purworejo mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II
setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Active
Learning tipe Firing Line. Hal ini ditunjukkan oleh aktivitas belajar siswa yang
pada siklus I semula 67,89% menjadi 78,57% pada siklus II. Peningkatan aktivitas
belajar siswa diikuti peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa dari 66,94 dengan
jumlah siswa yang tuntas sebanyak 62,50% pada siklus I menjadi 71,78 dengan
jumlah siswa yang tuntas sebanyak 78,12% pada siklus II. Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Active Learning tipe Firing Line dapat
meningkatkan aktivitas belajar yang siswa yang diikuti prestasi belajar siswa.