Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan
model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan
berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Purworejo tahun
pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental designs (nondesigns)
Teknik sampling yang digunakan untuk pengambilan subjek dalam penelitian ini
adalah dengan teknik cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII semester gasal SMP Muhammadiyah Purworejo tahun
pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini diambil satu kelas secara acak
yaitu kelas VIII A. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode
dokumentasi, metode tes, dan metode kuesioner (angket). Instrumen yang
digunakan adalah instrumen tes dan non tes. Uji hipotesis yang digunakan adalah
uji Anova pada uji F yaitu dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Hasil pengolahan data dengan uji Anova pada F test menunjukkan bahwa
nilai Fhitung = 5, 80. Sedangkan nilai Ftabel dengan derajat kebebasan pembilang
1 dan derajat kebebasan penyebut 29 untuk taraf signifikan 5% adalah 4,18.
Karena nilai Fhitung > Ftabel maka dapat diambil kesimpulan bahwa untuk Ho
ditolak dan Ha diterima. Artinya bahwa penggunaan model pembelajaran problem
based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
Nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,275 menunjukkan bahwa variabel
model problem based learning berpengaruh sebesar 27,5% terhadap variabel
kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan sisanya dipengaruhi oleh variabel
lain.