Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Rochmah, Miftachur
dc.date.accessioned 2018-02-12T08:12:35Z
dc.date.available 2018-02-12T08:12:35Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2234
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental designs (nondesigns) Teknik sampling yang digunakan untuk pengambilan subjek dalam penelitian ini adalah dengan teknik cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester gasal SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini diambil satu kelas secara acak yaitu kelas VIII A. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes, dan metode kuesioner (angket). Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan non tes. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji Anova pada uji F yaitu dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil pengolahan data dengan uji Anova pada F test menunjukkan bahwa nilai Fhitung = 5, 80. Sedangkan nilai Ftabel dengan derajat kebebasan pembilang 1 dan derajat kebebasan penyebut 29 untuk taraf signifikan 5% adalah 4,18. Karena nilai Fhitung > Ftabel maka dapat diambil kesimpulan bahwa untuk Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,275 menunjukkan bahwa variabel model problem based learning berpengaruh sebesar 27,5% terhadap variabel kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Problem Based Learning, kemampuan berpikir kritis matematis en_US
dc.title Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account