Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Pada SiswaKelas VIII A SMP Islam Sudirman Bruno Tahun Ajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Fikriyawan, Muh. Najib
dc.date.accessioned 2018-02-12T08:14:55Z
dc.date.available 2018-02-12T08:14:55Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2237
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII A SMP Islam Sudirman Bruno. (2) Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII A SMP Islam Sudirman Bruno. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari bulan Juni 2015 sampai dengan Februari 2016. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Islam Sudirman Bruno tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 metode, yaitu metode observasi, tes dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata (mean) dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan minat belajar siswa dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII A SMP Islam Sudirman Bruno. Persentase rata-rata hasil observasi minat belajar siswa pada pra siklus sebesar 54,38% meningkat menjadi 65,94% pada siklus I dan 73,75% pada siklus II. Peningkatan minat belajar siswa diikuti dengan peningkatan prestasi belajar matematika siswa dan ketuntasan belajar klasikal siswa dengan rata-rata nilai siswa dari 62,90 pada pra siklus menjadi 67,89 pada siklus I dan 74,33 pada siklus II dengan ketuntasan belajar klasikal siswa dari 36,67% pada pra siklus menjadi 46,67% pada siklus I dan 76,67% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan minat belajar siswa dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII A SMP Islam Sudirman Bruno tahun ajaran 2015/2016. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject minat belajar, prestasi belajar, Problem Based Learning (PBL) en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Pada SiswaKelas VIII A SMP Islam Sudirman Bruno Tahun Ajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account