dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah penerapan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan minat belajar
siswa kelas VIII A SMP Islam Sudirman Bruno. (2) Untuk mengetahui apakah
penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat
meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII A SMP Islam
Sudirman Bruno.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini
dilaksanakan mulai dari bulan Juni 2015 sampai dengan Februari 2016. Subjek
dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Islam Sudirman Bruno tahun
ajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan 3 metode, yaitu metode observasi, tes dan dokumentasi. Setelah
data terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata (mean) dan
persentase.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan minat belajar siswa dan prestasi
belajar matematika siswa kelas VIII A SMP Islam Sudirman Bruno. Persentase
rata-rata hasil observasi minat belajar siswa pada pra siklus sebesar 54,38%
meningkat menjadi 65,94% pada siklus I dan 73,75% pada siklus II. Peningkatan
minat belajar siswa diikuti dengan peningkatan prestasi belajar matematika siswa
dan ketuntasan belajar klasikal siswa dengan rata-rata nilai siswa dari 62,90 pada
pra siklus menjadi 67,89 pada siklus I dan 74,33 pada siklus II dengan ketuntasan
belajar klasikal siswa dari 36,67% pada pra siklus menjadi 46,67% pada siklus I
dan 76,67% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan minat belajar
siswa dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII A SMP Islam Sudirman
Bruno tahun ajaran 2015/2016. |
en_US |