Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Increased the Self-Esteem and Student Math Concept Understand with Cooperative Learning Model Type Think-Pair-Share (TPS) of Students Class VIII A MTs Ma'arif NU Kemiri academic year 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Masruroh, Wiji
dc.date.accessioned 2018-02-12T08:17:40Z
dc.date.available 2018-02-12T08:17:40Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2240
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan self-esteem (harga diri) siswa dan peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Selain itu juga untuk mengetahui hubungan antara self-esteem (harga diri) dan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Ma’arif NU Kemiri tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 32 siswa. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) yang terdiri dari tiga tahapan yaitu Think (berpikir), Pair (berpasangan), dan Share (mempresentasikan). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif dan dideskriptifkan secara kualitatif (narasi). Hasil penelitian kualitatif memberikan gambaran bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan selfesteem (harga diri) siswa. Sehingga siswa mampu bertanya materi yang belum mereka paham, mampu menjawab pertanyaan yang diberikan, mampu mempresentasikan hasil diskusinya, sudah dapat memperhatikan presentasi teman, dan penjelasan materi yang diberikan oleh guru. Hal tersebut didukung dengan data kuantitatif yang menunjukkan bahwa rata-rata persentase self-esteem (harga diri) siswa berdasarkan observasi pada siklus I sebesar 65,43% dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 81,94% dengan kategori baik. Sedangkan rata-rata persentase self-esteem (harga diri) siswa berdasarkan angket pada pra siklus mencapai 69,78% dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus I menjadi 73,05% dengan kategori cukup. Kemudian dari siklus I meningkat menjadi 84,93% pada siklus II dengan kategori baik. Dengan self-esteem (harga diri) siswa yang baik pemahaman konsep matematika siswa juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada siklus I 65 menjadi 86,50 pada siklus II dan memperoleh ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 21,88% dan meningkat menjadi 81,25% pada siklus II. Dari hal tersebut juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara self-esteem (harga diri) dan pemahaman konsep matematika siswa dengan korelasi sebesar 0,77 dengan tingkat tinggi. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Self-esteem (harga diri), pemahaman konsep matematika, dan model Think-Pair-Share (TPS) en_US
dc.title Increased the Self-Esteem and Student Math Concept Understand with Cooperative Learning Model Type Think-Pair-Share (TPS) of Students Class VIII A MTs Ma'arif NU Kemiri academic year 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account