Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Pendidikan
Matematika Realistik dapat meningkatkan kemampuan operasi penjumlahan dan
pengurangan pada anak tunagrahita ringan kelas III.
Untuk memecahkan masalah dalam penelitian ini, peneliti menggunakan
penelitian eksperimen rancangan subjek tunggal atau Single Subject Research
(SSR) dengan desain A-B-A. subjek penelitian adalah seorang anak tunagrahita
ringan berinisial F. Data skor yag diperoleh anak dengan menggunakan instrumen
penelitian berupa tes tertulis berbentuk isian dan uraian. Kemudian, hasil
penelitian disajikan dalam bentuk grafik dan dianalisis menggunakan analisis
statistik diskriptif. Analisis data meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar
kondisi.
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian dapat dilihat secara
keseluruhan kemampuan operasi penjumlahan dan pengurangan. Mean level pada
fase baseline 1 (A1) adalah 1 atau 10%. Fase intervensi (B) meningkat menjadi
7,5 atau 75%, dan pada fase baseline 2 (A2) meningkat lagi menjadi 9 atau 90%.
Berdasarkan gambaran data tersebut dapat disimpulkan bahwa Pendidikan
Matematika Realistik dapat meningkatkan kemampuan operasi penjumlahan dan
pengurangan pada anak tunagrahita ringan kelas III.