Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

ANALISIS GAYA BAHASA PUISI DALAM SURAT KABAR KOMPAS EDISI JANUARI-APRIL 2012 DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Khodiyah, Siti
dc.date.accessioned 2018-02-12T08:22:50Z
dc.date.available 2018-02-12T08:22:50Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2245
dc.description.abstract Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk menjelaskan: (1) pemakaian gaya bahasa puisi pada surat kabar Kompas edisi Januari-April 2012, (2) skenario pembelajaran gaya bahasa puisi pada surat kabar Kompas edisi Januari-April 2012 di kelas X SMA. Teori yang digunakan adalah teori Keraf (2009), gaya bahasa adalah cara mengungkapkan pikiran melalui bahasa secara khas yang memperlihatkan jiwa dan kepribadian penulis (pemakai bahasa), dan teori Tarigan (1986) tentang pengajaran gaya bahasa. Teori ini memfokuskan pada pemakaian gaya bahasa puisi pada surat kabar Kompas edisi Januari-April 2012 dan skenario pembelajarannya di kelas X SMA. Teknik penelitian skripsi ini menggunakan teknik simak catat. Teknik simak catat adalah mencatat data-data yang ditemukan ke dalam kartu pencatat data. Dalam teknik analisis data digunakan metode analisis mengalir yaitu mengkaji dan membahas seluruh isi teks secara teliti dengan memfokuskan pada gaya bahasa puisi (Huberman, 1992: 16-18). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa puisi pada surat kabar Kompas edisi Januari-April 2012 memiliki banyak gaya bahasa di dalamnya. (1) Pemakaian gaya bahasa puisi pada surat kabar Kompas edisi Januari-April 2012, yaitu: (a) gaya bahasa persamaan/simile, (b) gaya bahasa metafora, (c) gaya bahasa alegori, (d) gaya bahasa personifikasi atau prosopopoeia, (e) gaya bahasa alusi, (f) gaya bahasa sinekdoke, (g) gaya bahasa metonomia, (h) gaya bahasa hipalase, dan (i) gaya bahasa satire, (2) Skenario pembelajaran gaya bahasa puisi pada surat kabar Kompas edisi Januari-April 2012 di kelas X SMA berdasarkan KTSP adalah sebagai berikut: (a) Pendahuluan, meliputi: memotivasi siswa; menjelaskan indikator dan tujuan yang ingin dicapai, (b) Inti, meliputi mengidentifikasi dan menganalisis gaya bahasa puisi pada surat kabar Kompas edisi Januari-April 2012, (c) Penutup, meliputi: refleksi yaitu guru memberikan penguatan terhadap kegiatan yang dilakukan siswa dan pemberian tugas; (i) menyebutkan gaya bahasa puisi yang terdapat dalam surat kabar Kompas edisi Januari-April 2012!, (ii) menjelaskan fungsi gaya bahasa personifikasi yang terdapat dalam puisi surat kabar Kompas edisi Januari-April 2012! en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Gaya Bahasa, Puisi pada surat kabar Kompas edisi Januari-April 2012. en_US
dc.title ANALISIS GAYA BAHASA PUISI DALAM SURAT KABAR KOMPAS EDISI JANUARI-APRIL 2012 DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account