Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PERJUANGAN TOKOH UTAMA WANITA DALAM NOVEL BIDADARI-BIDADARI SURGA KARYA TERE LIYE DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Budiarti, Sulis
dc.date.accessioned 2018-02-12T08:25:08Z
dc.date.available 2018-02-12T08:25:08Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2247
dc.description.abstract Permasalahan penelitian ini adalah: (1) bagaimana wujud perjuangan tokoh utama wanita dalam novel Bidadari-Bidadari Surga; (2) bagaimana scenario pembelajarannya di kelas XI SMA. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendiskripsikan wujud perjuangan tokoh utama wanita dalam novel Bidadari-Bidadari Surga; (2) mendiskripsikan skenario pembelajaran novel Bidadari-Bidadari Surga di kelas XI SMA. Teori yang dijadikan acuan dalam penelitian ini adalah teori feminisme. Fakih (2012: 32) menyatakan bahwa feminisme bukan merupakan upaya pemberontakan terhadap laki-laki, upaya melawan pranata sosial, maupun upaya perempuan sebagai kodratnya, melainkan upaya untuk mengakhiri penindasan dan aksploitasi perempuan. Inti perjuangan feminisme adalah meningkatkan kedudukan dan derajat perempuan agar sama atau sejajar dengan kedudukan atau derajat laki-laki. Perjuangan serta usaha feminisme untuk mencapai tujuan ini mencakup berbagai cara, salah satunya adalah memperoleh hak dan peluang yang sama dengan yang dimiliki laki-laki. Penelitian ini merupakan penelitian desriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi . Sumber data penelitian ini berupa novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi langsung dan dokumentasi eksternal. Hasil analisis membuktikan, 1) dalam novel Bidadari-Bidadari Surga ditemukan wujud perjuangan tokoh utama wanita terdapat 3 aspek. (i) Perjuangan di bidang cinta kasih atau kasih sayang berjumlah 15 data, (ii) perjuangan di bidang pendidikan berjumlah 8 data, (iii) perjuangan di bidang ekonomi berjumlah 8 data. 2) Pembelajaran yang dilakukan menggunakan model Sinektik atau Gordon yaitu pembelajaran yang menekankan pada cara belajar siswa aktif dan kreatif (CBSAK). Wujud perjuangan tokoh utama wanita dalam novel Bidadari-Bidadari Surga yang sudah dideskripsikan telah disesuaikan dan dimanfaatkan sebagai bahan pembelajaran sastra di kelas XI SMA. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject wujud perjuangan, novel Bidadari-Bidadari Surga, bahan Pembelajaran en_US
dc.title PERJUANGAN TOKOH UTAMA WANITA DALAM NOVEL BIDADARI-BIDADARI SURGA KARYA TERE LIYE DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account