Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara:
(1) sikap belajar terhadap prestasi belajar matematika; (2) motivasi belajar terhadap
prestasi belajar matematika; (3) sikap belajar dan motivasi belajar terhadap
prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Kemiri
Tahun Pelajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri
se-Kecamatan Kemiri sebanyak 450 siswa dengan sampel sebanyak 196 siswa.
Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling.
Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode angket dan tes.
Teknik analisis data menggunakan uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji
normalitas dengan metode Chi Kuadrat dan uji homogenitas dengan uji F.
Hasil analisis korelasi pada α = 5% menunjukan bahwa terdapat hubungan
yang positif antara: (1) sikap belajar dengan prestasi belajar matematika yaitu
t = 3,015 signifikan; (2) motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika
yaitu t = 3,224 signifikan; (3) sikap belajar dan motivasi belajar dengan prestasi
belajar matematika yaitu t =3,937 dan signifikan.