Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran
menyimak berita pada siswa kelas VIII SMP N 13 Purworejo tahun ajaran
2012/2013 dengan media audio dan model pembelajaran stratta; (2) peningkatan
keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII SMP N 13 Purworejo tahun ajaran
2012/2013 dengan media audio dan model pembelajaran stratta; dan (3)
perubahan perilaku siswa kelas VIII SMP N 13 Purworejo dengan media audio
dan model pembelajaran stratta.
Teori utama yang dirujuk adalah teori model stratta yang dicetuskan oleh
Leslie Stratta (Wardani dalam Dikti, 2010: 1-2). Adapun teori media audio dirujuk
dari Sudjana dan Rivai (2005: 129-132).
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri
dari dua siklus. Masing-masing siklus melalui tahap perencanaan, tindakan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP
Negeri 13 Purworejo tahun pembelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan
dengan tes, observasi, jurnal siswa, dan wawancara. Analisis data menggunakan
teknik kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini adalah: (1) penerapan media audio dan model stratta
pada pembelajaran menyimak berita di kelas VIII SMP 13 Purworejo
dilaksanakan dalam dua kali pertemuan (2 siklus). Media audio yang digunakan
adalah rekaman berupa berita dari Liputan6.com yang berformat mp3. Adapun
model stratta diterapkan dengan langkah: (a) kegiatan awal: apersepsi, motivasi,
penyampaian tujuan dan indikator; (b) kegiatan inti: tahap penjelajahan, yakni
pemutaran berita dari media audio dan siswa menyimak; tahap interpretasi, yakni
siswa menafsirkan unsur-unsur dan pokok berita; tahap rekreasi, siswa
menuliskan simpulan berita sesuai dengan pemahamannya; (c) tahap akhir, yakni
simpulan pembelajaran dan refleksi; (2) kemampuan siswa kelas VIII SMP N 13
Purworejo tahun ajaran 2012/2013 dalam menyimak berita meningkat setelah
dilakukan pembelajaran dengan media audio dan model stratta. Pada siklus I, nilai
rerata siswa sebesar 66,52 yang meningkat sebesar 35,45% dari prasiklus. Pada
siklus II, kemampuan siswa meningkat lagi sebesar 13,42% menjadi 79,94 dengan
kategori baik; (3) perilaku belajar siswa kelas VIII SMP N 13 Purworejo tahun
ajaran 2012/2013 mengalami perubahan ke arah yang positif. Hal tersebut dapat
diketahui dari hasil nontes yang meliputi hasil observasi, jurnal siswa, dan
wawancara. Perubahan yang terjadi yaitu siswa merasa senang dan tertarik dengan
pembelajaran menyimak berita menggunakan media audio dan model stratta.
Selain itu, siswa terlihat lebih antusias dan lebih aktif bertanya jika mengalami
kesulitan. Kondisi kelas pada siklus I yang terlihat pasif, pada siklus II terlihat
lebih aktif dan tugas-tugas yang diberikan peneliti dapat dikerjakan dan
dilaksanakan dengan baik.