Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA DENGAN MEDIA AUDIO DAN MODEL PEMBELAJARAN STRATTA PADA SISWA KELAS VIII SMP N 13 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Suharyadi
dc.date.accessioned 2018-02-12T08:27:37Z
dc.date.available 2018-02-12T08:27:37Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2250
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran menyimak berita pada siswa kelas VIII SMP N 13 Purworejo tahun ajaran 2012/2013 dengan media audio dan model pembelajaran stratta; (2) peningkatan keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII SMP N 13 Purworejo tahun ajaran 2012/2013 dengan media audio dan model pembelajaran stratta; dan (3) perubahan perilaku siswa kelas VIII SMP N 13 Purworejo dengan media audio dan model pembelajaran stratta. Teori utama yang dirujuk adalah teori model stratta yang dicetuskan oleh Leslie Stratta (Wardani dalam Dikti, 2010: 1-2). Adapun teori media audio dirujuk dari Sudjana dan Rivai (2005: 129-132). Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Purworejo tahun pembelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, jurnal siswa, dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) penerapan media audio dan model stratta pada pembelajaran menyimak berita di kelas VIII SMP 13 Purworejo dilaksanakan dalam dua kali pertemuan (2 siklus). Media audio yang digunakan adalah rekaman berupa berita dari Liputan6.com yang berformat mp3. Adapun model stratta diterapkan dengan langkah: (a) kegiatan awal: apersepsi, motivasi, penyampaian tujuan dan indikator; (b) kegiatan inti: tahap penjelajahan, yakni pemutaran berita dari media audio dan siswa menyimak; tahap interpretasi, yakni siswa menafsirkan unsur-unsur dan pokok berita; tahap rekreasi, siswa menuliskan simpulan berita sesuai dengan pemahamannya; (c) tahap akhir, yakni simpulan pembelajaran dan refleksi; (2) kemampuan siswa kelas VIII SMP N 13 Purworejo tahun ajaran 2012/2013 dalam menyimak berita meningkat setelah dilakukan pembelajaran dengan media audio dan model stratta. Pada siklus I, nilai rerata siswa sebesar 66,52 yang meningkat sebesar 35,45% dari prasiklus. Pada siklus II, kemampuan siswa meningkat lagi sebesar 13,42% menjadi 79,94 dengan kategori baik; (3) perilaku belajar siswa kelas VIII SMP N 13 Purworejo tahun ajaran 2012/2013 mengalami perubahan ke arah yang positif. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil nontes yang meliputi hasil observasi, jurnal siswa, dan wawancara. Perubahan yang terjadi yaitu siswa merasa senang dan tertarik dengan pembelajaran menyimak berita menggunakan media audio dan model stratta. Selain itu, siswa terlihat lebih antusias dan lebih aktif bertanya jika mengalami kesulitan. Kondisi kelas pada siklus I yang terlihat pasif, pada siklus II terlihat lebih aktif dan tugas-tugas yang diberikan peneliti dapat dikerjakan dan dilaksanakan dengan baik. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject menyimak berita, model stratta, media audio en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA DENGAN MEDIA AUDIO DAN MODEL PEMBELAJARAN STRATTA PADA SISWA KELAS VIII SMP N 13 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account