dc.contributor.author |
Riyanto, Budi |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-12T08:28:20Z |
|
dc.date.available |
2018-02-12T08:28:20Z |
|
dc.date.issued |
2016 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2251 |
|
dc.description.abstract |
Tujuan penyusunan ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar
matematika siswa yang mendapatkan strategi pembelajaran Think Pair Share
(TPS) berbantu soal Superitem lebih baik daripada prestasi belajar matematika
siswa yang mendapatkan strategi Pair Check. Penyusunan ini dilakukan pada
siswa kelas VII SMP Negeri 16 Purworejo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 16 Purworejo tahun
pelajaran 2015/2016 yang terdiri 5 kelas. Pengambilan sampel menggunakan
teknik cluster random sampling dan diperoleh siswa kelas VII A sebagai kelas
eksperimen 1 dan siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen 2. Pengumpulan
data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Pengujian hipotesis
menggunakan uji-t yang sebelumnya telah memenuhi uji normalitas dan uji
homogenitas.
Dari hasil uji hipotesis diperoleh 𝑡โ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 2,06 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,0003 sehingga
𝐻0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang
mendapatkan strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantu soal
Superitem lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang
mendapatkan strategi pembelajaran Pair Check. Ditunjukkan juga dari hasil nilai
rerata prestasi belajar siswa kelas VII A sebesar 72,19 dan kelas VII B sebesar
63,35. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika-FKIP |
en_US |
dc.subject |
Think Pair Share (TPS), soal Superitem, Pair Check, prestasi belajar. |
en_US |
dc.title |
Studi Komparasi Strategi Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantu Soal Superitem dan Pair Chek Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |