Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara minat
belajar, motivasi, dan interaksi siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas
VIII SMP Negeri di Kecamatan Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 5 dan SMP Negeri 7
di Kecamatan Kebumen yang berjumlah 475 siswa, dengan sampel sebanyak 202
siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Propotionate Stratified Random
Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan tes. Teknik
analisis data menggunakan korelasi dan regresi. Uji prasyarat yang digunakan yaitu
uji normalitas dan uji homogenitas untuk statistik parametris, uji linearitas dan uji
keberartian untuk analisis regresi.
Hasi penelitian untuk taraf kesalahan 5% diperoleh harga r = 0,24,Fhitung>Ftabel
atau 6,35>3,04 dan koefisien determinasi r² = 0,06. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar, motivasi dan
interaksi siswa terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini berarti variabel minat
belajar,motivasi dan interaksi siswa secara bersama-sama memberikan kontribusi
terhadap prestasi belajar matematika sebesar 6% dan sisanya 94% ditentukan oleh
variabel lain.