Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penguasaan, besar
persentase penguasaan, dan kategori penguasaan menyelesaikan soal Ujian
Nasional SD mata pelajaran Matematika tahun 2014/2015 siswa kelas VII SMP
Negeri se-Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif menggunakan statistik deskriptif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan metode dokumentasi dan metode
tes. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random
sampling sehingga sampelnya diambil sebanyak 89 siswa. Uji hipotesis yang
digunakan adalah uji t.
Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa penguasaan siswa kelas VII
SMP Negeri se-Kecamatan Kepil tahun pelajaran 2015/2016 dalam
menyelesai-kan soal Ujian Nasional SD mata pelajaran Matematika tahun
2014/2015: pe-nguasaan tertinggi 90%dan terendah 3,33%, rerata 47,58%
dengan simpangan baku 18,53% termasuk dalam kategori gagal. Hasil uji
hipotesis dengan meng-gunakan uji t diperoleh thitung = -13,961 . Dengan taraf
signifikansi α 0,05 dan n = 89 maka diperoleh ttabel = 1,665. Maka dapat diketahui
bahwa thitung < ttabel sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Jadi dapat
disimpulkan bahwa rerata penguasaan menyelesaikan soal Ujian Nasional SD
mata pelajaran Matematika tahun 2014/2015 kurang dari atau sama dengan (<)
nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 75.