Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

BIAS GENDER DAN PERJUANGAN TOKOH UTAMA PEREMPUAN DALAM NOVEL DE WINST KARYA AFIFAH AFRA SEBUAH KAJIAN FEMINISME DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Saputra, Canadian Aditya
dc.date.accessioned 2018-02-12T08:44:07Z
dc.date.available 2018-02-12T08:44:07Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2264
dc.description.abstract Permasalahan pokok yang penulis tulis dalam skripsi ini adalah (1) bagaimanakah wujud ketidakadilan gender yang terkandung dalam novel De Winst karya Afifah Afra, (2) bagaimanakah perjuangan tokoh utama perempuan dalam novel De Winst karya Afifah Afra, dan (3) bagaimanakah pembelajaran novel De Winst karya Afifah Afra di SMA. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan ketidakadilan gender, (2) mendeskripsikan perjuangan tokoh utama perempuan, (3) mendeskripsikan pembelajaran aspek feminis yang terkandung dalam novel De Winst karya Afifah Afira. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kepustakaan dan observasi. Sumber data adalah novel De Winst karya Afifah Afra, fokus penelitian menitik beratkan pada aspek gender dan perjuangan tokoh utama perempuan. Jenis penelitian ini penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat catat dan kartu data. Dalam teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Teknik penyajian hasil analisis adalah teknik informal, jadi data-data dipaparkan menggunakan kata-kata tanpa menggunakan tanda atau lambang. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) ketidakadilan gender yang terjadi pada tokoh perempuan antara lain ketidakadilan stereotip, dan kekerasan terhadap tokoh wanita. Kekerasan yang terjadi pada tokoh perempuan novel De Winst karya Afifah Afra dibagi menjadi dua bagian yaitu kekerasan fisik dan kekerasan psikis, (2) perjuangan tokoh utama perempuan antara lain memperjuangkan haknya atas penolakan perjodohan yang dilakukan oleh orangtuanya, mengorbankan diri demi orang lain yang terbagi menjadi beberapa bagian antara lain bergabung dengan partai rakyat, mendirikan sekolah di lingkungan keraton, mendirikan sekolah untuk rakyat, dan mendidik Pratiwi untuk sukses, (3) pembelajaran novel De Winst karya Afifah Afra di SMA diutamakan kemampuan dasar siswa mencakup aspek kognitif, sikap, dan keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa. Pembelajaran novel De Winst di SMA menggunakan pendekatan PAKEM dengan langkah-langkah (a) kegiatan pendahuluan, (b) kegiatan inti, dan (c) kegiatan penutup. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject bias, gender, perjuangan, feminisme, pembelajaran. en_US
dc.title BIAS GENDER DAN PERJUANGAN TOKOH UTAMA PEREMPUAN DALAM NOVEL DE WINST KARYA AFIFAH AFRA SEBUAH KAJIAN FEMINISME DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account