Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adakah perbedaan pengaruh
kreativitas belajar terhadap prestasi belajar (2) untuk mengetahui adakah perbedaan
pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar (3) untuk mengetahui apakah terdapat
interaksi antara kreativitas belajar dan motivasi terhadap prestasi belajar.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1
Karanggayam tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 256 siswa. Sampel yang
digunakan sebanyak 64 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Ex Post Facto.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik
pengumpulan data untuk variable kreativitas belajar dan motivasi menggunakan angket
sedang prestasi menggunakan soal tes. Teknik analisis yang diguakan adalah analisis
variansi dua jalan. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dan uji
homogenitas
Dari penelitian ini disimpulkan bahwa (1) tidak ada perbedaan pengaruh
kreativitas belajar terhadap prestasi (Fhit = 0,105587 < 5,03 = Ftab) (2) tidak ada perbedaan
pengaruh motivasi terhadap prestasi (Fhit = 0,441614< 5,03 = Ftab) (3) tidak terdapat
interaksi antara kreativitas belajar dan motivasi terhadap prestasi(Fhit = 0,689448 < 2,46 =
Ftab).