Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

NILAI PENDIDIKAN NOVEL RANAH 3 WARNA KARYA AHMAD FUADI SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA DI KELAS XI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Wahyuningsih, Tri
dc.date.accessioned 2018-02-12T08:46:17Z
dc.date.available 2018-02-12T08:46:17Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2266
dc.description.abstract Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah unsur intrinsik dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi?, (2) bagaimanakah nilai pendidikan yang terdapat pada novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi?, dan (3) bagaimanakah kesesuaian nilai pendidikan novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi sebagai bahan pembelajaran sastra di kelas XI SMA? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi, (2) nilai pendidikan novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi, (3) kesesuaian nilai pendidikan novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi sebagai bahan pembelajaran sastra di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah nilai pendidikan dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi yang meliputi nilai pendidikan agama, moral, adat/budaya, dan sosial, serta kesesuaian pembelajarannya di kelas XI SMA. Data yang digunakan berupa kutipan langsung maupun tidak langsung dari teks novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan observasi. Instrumen penelitian ini adalah penulis sendiri sebagai peneliti, kartu pencatat data, dan alat tulisnya. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Penyajian hasil analisis menggunakan teknik penyajian informal. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) tema novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi adalah perjuangan Alif demi meraih impian dan cita-cita dengan segala keterbatasan. Tokoh utamanya adalah Alif dan tokoh tambahannya: Raisa, Randai, Amak, Ayah, Bang Togar, Rusdi, Franc, Madeilene, dan Ferdinand. Alurnya adalah alur maju/progresif. Latar tempatnya: Bandung, Amman (Yordania), Quebec (Kanada), Maninjau, dan Cibubur Kamp. Latar waktunya adalah pagi, sore, dan malam hari, sedangkan latar waktu dimulainya cerita yaitu ketika Alif baru saja tamat dari Pondok Madani. Latar sosial melukiskan status sosial masyarakat menengah. Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang persona pertama. Unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Ranah 3 Warna tersebut saling berhubungan dan bernilai estetik, (2) nilai pendidikan dalam novel Ranah 3 Warna ada empat, yaitu nilai pendidikan agama meliputi beribadah, berdoa, bersyukur, tawakal, ikhlas, dan sabar, nilai pendidikan moral meliputi tekad kuat, pantang menyerah, sungguhsungguh, kerja keras, rajin belajar, mampu mengendalikan diri, disiplin, jujur, tanggung jawab, kreatif, nasionalisme, percaya diri, dan prasangka baik, nilai pendidikan adat/budaya meliputi melestarikan kesenian tradisional dan melestarikan budaya berpantun, nilai pendidikan sosial meliputi tolong-menolong, berbakti kepada orang tua, setia kawan, persahabatan, kasih sayang, memberi semangat, dermawan, musyawarah, dan rela berkorban, (3) kesesuaian nilai pendidikan novel Ranah 3 Warna sebagai bahan pembelajaran sastra di kelas XI SMA berdasarkan tinjauan dari segi bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya. Ketiga aspek tersebut mendukung novel Ranah 3 Warna disesuaikan sebagai bahan pembelajaran sastra di kelas XI SMA. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject unsur intrinsik, nilai pendidikan, bahan pembelajaran sastra en_US
dc.title NILAI PENDIDIKAN NOVEL RANAH 3 WARNA KARYA AHMAD FUADI SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA DI KELAS XI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account