Abstract:
Rumusan masalah di dalam skripsi ini adalah: (1) mendeskripsikan aspekaspek
sosial, (2) mendeskripsikan hubungan antaraspek sosial dalam novel Kidung
Shalawat Zaki & Zulfa karya Taufiqurrahman al-Azizy, (3) mendeskripsikan skenario
pembelajaran sastra di SMA, khususnya aspek-aspek sosial yang terdapat dalam
Novel Kidung Shalawat Zaki & Zulfa karya Taufiqurrahman al-Azizy.
Teori yang dijadikan acuan penelitian ini adalah teori sosiologi sastra yang
dikemukakan oleh Sapardi Djoko Damono (1984) yang menyatakan bahwa sastra
adalah cerminan masyarakat.
Objek penelitian ini adalah novel Kidung Shalawat Zaki & Zulfa karya
Taufiqurrahman al-Azizy. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
pustaka. Dalam teknik analisis data penulis menggunakan analisis isi. Teknik
penyajian hasil analisis digunakan teknik informal. Penelitian ini berupa kartu
pencatat data dan alat tulisnya.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perumusan masalah yang
meliputi di antaranya: (1) Aspek-aspek sosial yang ada dalam novel Kidung Shalawat
Zaki & Zulfa karya Taufiqurrahman al-Azizy meliputi aspek kekerabatan, aspek
perekonomian, aspek pendidikan, aspek moralitas, aspek kepercayaan, dan aspek
cinta kasih; (2) Hubungan antaraspek yang meliputi hubungan kekerabatan dengan
ekonomi, hubungan ekonomi dengan kepercayaan, dan hubungan moral dengan
ekonomi; (3) Pembelajaran novel Kidung Shalawat Zaki & Zulfa karya
Taufiqurrahman al-Azizy disesuaikan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Metode yang digunakan dalam pembelajaran novel Kidung Shalawat Zaki & Zulfa
karya Taufiqurrahman al-Azizy adalah metode diskusi kelompok dan pemberian
tugas. Penilaian yang digunakan dalam novel tersebut adalah menggunakan tes lisan
dan tes tertulis