Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang positif
dan signifikan antara kemampuan membuat model matematika terhadap kemampuan
menyelesaikan soal cerita siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Kalikajar
tahun pelajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan
Kalikajar yang berjumlah 651 siswa. Dengan sampel sebanyak 65 siswa. Pengambilan
sampel dengan menggunakan Proportionate random sampling. Teknik peng
ambilan data yang digunakan yaitu metode tes. Teknik analisis data menggunakan
analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Sebagai prasyarat
analisis dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, dan uji keberartian.
Hasil penelitian diperoleh rerata kemampuan siswa dalam membuat model
matematika dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tidak lebih da
ri nilai KKM sebesar 7,5. Dari pengujian hipotesis harga thitung > ttabel atau 7,628 >
1,998 sehingga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan
membuat model matematika terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita. Kemampuan
membuat model matematika memberikan pengaruh terhadap kemampuan
menyelesaikan soal cerita sebesar 48%.