Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS VII MTs PADURESO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Fitriani, Dian
dc.date.accessioned 2018-02-12T08:57:25Z
dc.date.available 2018-02-12T08:57:25Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2275
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran keterampilan bercerita dengan media gambar berseri pada siswa kelas VII MTs Padureso Tahun Pelajaran 2012/2013; (2) mendeskripsikan pengaruh media gambar berseri dalam pembelajaran keterampilan bercerita terhadap aktivitas belajar siswa kelas VII MTs Padureso Tahun Pelajaran 2012/2013; dan (3) mendeskripsikan peningkatan keterampilan bercerita siswa kelas VII MTs Padureso Tahun Pelajaran 2012/2013 setelah memperoleh pembelajaran dengan media gambar berseri. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas (PTK) model Arikunto dengan dua siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan teknik nontes (observasi, jurnal siswa, wawancara, dan dokumentasi foto). Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah teknik kualitatif dan teknik kuantitatif, sedangkan teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik informal menurut Sudaryanto. Hasil penelitian: (1) langkah-langkah pembelajaran keterampilan bercerita dengan media gambar berseri, yaitu (a) siswa menganalisis gambar; (b) siswa menuliskan pokok-pokok cerita pada gambar, kemudian dirangkai menjadi urutan cerita yang baik; dan (c) siswa secara bergantian bercerita di depan kelas; (2) pengaruh media gambar berseri dalam pembelajaran keterampilan bercerita terhadap aktivitas belajar siswa dapat dibuktikan melalui analisis data hasil observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi. Hasil observasi prasiklus menunjukkan aktivitas belajar siswa terlihat kurang bersemangat karena keaktifan, keberanian, minat, dan perhatian dan konsentrasi siswa masih rendah dengan persentase rata-rata sebesar 48,25%. Pada siklus I, aktivitas belajar siswa menjadi lebih baik dengan peningkatan persentase rata-rata menjadi 74%. Selanjutnya, pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 82,25%. Hasil jurnal dan wawancara juga menunjukkan adanya perubahan perilaku positif siswa. Hasil dokumentasi foto bertujuan untuk menambah keakuratan data dalam observasi dan bukti pelaksanaan; (3) pembelajaran bercerita dengan media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam bercerita. Peningkatan dapat dilihat dari kemampuan awal (prasiklus) dengan hasil rata-rata tes sebesar 55,7 termasuk dalam kategori kurang. Pada siklus I meningkat menjadi 65,15 dan termasuk dalam kategori cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 77,6 dan termasuk dalam kategori baik. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject bercerita, media gambar berseri en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS VII MTs PADURESO TAHUN PELAJARAN 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account