Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model
pembelajaran reciprocal teaching apabila dibandingkan dengan model
pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII A-G SMP Negeri 17
Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan
secara simple random sampling. Sampel dalam penelitian berjumlah 2 kelas yang
terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah instrumen tes prestasi belajar matematika yang
masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi validitas dan reliabilitas.
Analisis data menggunakan korelasi product- moment memakai angka kasar dan
dengan rumus Hyot.
Hasil tes prestasi belajar matematika siswa tersebut di lakukan uji
normalitas dan uji homogenitas variansi, diperoleh kedua kelas tersebut normal
dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis. Uji hipotesis dalam penelitian
ini menggunakan uji t, diperoleh t obs = 2,127 > 1,645 = t tabel sehingga Ho
ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran reciprocal teaching
lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori untuk prestasi
belajar matematika siswa.