Abstract:
mendeskripsikan aspek-aspek pendidikan moral novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy, dan (3) mendeskripsikan skenario pembelajaran unsur intrinsik dan aspek-aspek pendidikan moral novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy di kelas XI SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah unsur intrinsik dan aspek-aspek pendidikan moral novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy dan skenario pembelajaran di kelas XI SMA. Data yang digunakan adalah narasi dan percakapan yang berbentuk kutipan novel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan observasi. Istrumen penelitian ini adalah penulis sendiri sebagai peneliti, kartu data, dan alat tulis. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik penyajian informal.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy mengandung, (1) struktur sastra atau unsur intrinsik yang terkandung dalan novel tersebut meliputi: (a) tema, (b) alur, (c) tokoh dan penokohan, (d) sudut pandang pengarang, dan (e) amanat; (2) aspek-aspek pendidikan moral yang ditemukan dalam novel tersebut, yaitu: (a) aspek-aspek pendidikan moral novel Cinta Suci Zahrana yang berhubungan dengan diri sendiri yang meliputi: kejujuran, tidak putus asa, menghargai waktu, sabar, tanggung jawab, iri hati, dan pembohong; (b) aspek-aspek pendidikan moral novel Cinta Suci Zahrana yang berhubungan dengan manusia lain meliputi: dermawan, tolong-menolong, setia kawan, dan suka memberi nasihat; dan (c) aspek-spek pendidikan moral novel Cinta Suci Zahrana yang berhubungan dengan Tuhan-Nya, meliputi: taat dan bersyukur; dan (3) skenario pembelajaran novel Cinta Suci Zahrana di kelas XI SMA berdasarkan KTSP adalah sebagai berikut: (a) Pendahuluan: salam pembuka dan berdoa, menjelaskan indikator dan tujuan yang ingin dicapai, (b) inti; meliputi: menganalisis unsur-unsur intrinsik dan aspek-aspek pendidikan moral novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy, (c) penutup; meliputi: refleksi, yaitu guru bersama dengan siswa membahas sekilas kegiatan yang dilakukan siswa, dan (d) pemberian tugas. Dengan demikian, struktur karya sastra, aspek pendidikan moral, dan skenario pembelajaran di kelas XI SMA, dalam penelitian ini, dapat dijadikan sebagai solusi untuk proses pembelajaran sastra di kelas XI SMA.