Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan metode
pembelajaran kolaborasi sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis
puisi; (2) mendeskripsikan prestasi belajar menulis puisi siswa kelas VII MTs
Roudlotul Huda Kebadongan Kebumen setelah mengikuti pembelajaran melalui
metode kolaborasi; (3) mendeskripsikan motivasi menulis puisi siswa kelas VII MTs
Roudlotul Huda Kebadongan Kebumen setelah mengikuti pembelajaran melalui
metode kolaborasi;
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VII MTs Roudlotul Huda Kebumen tahun pembelajaran
2012/2013 sebanyak 31 siswa. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu prasiklus,
siklus satu, dan siklus dua. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik
pengamatan, kuesioner, wawancara, dan tes. Teknik analisis data, digunakan teknik
kualitatif dan kuantitaif. Dalam teknik penyajian hasil analisis data menggunakan
teknik informal.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan. (1) langkah-langkah metode
pembelajaran kolaborasi meliputi a) penulis memberikan penjelasan tentang kegiatan
menulis puisi, b) penulis membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil yang
terdiri atas dua sampai tiga orang, c) siswa di beri tes menulis puisi dengan topik
kindahan alam. Siswa diperbolekan saling bertukar pikiran, d) penulis
memerintahkan masing-masing anggota membaca hasil karya teman yang lain dalam
satu kelompok, dan memberikan penilaian ataupun kritik dan saran, e) masingmasing
kelompok membacakan karya puisi yang dianggap paling baik, f) penulis dan
siswa bersama-sama membahas hasil penulisan puisi. Kelompok lain diberi
kesempatan untuk memberi kritik dan saran. (2) nilai rerata hasil prasiklus mencapai
65,63 dan rerata pada siklus satu adalah 77,11 atau terjadi peningkatan 11,48 angka.
Nilai rerata pada siklus dua mencapai 80,46 sehingga terjadi peningkatan kembali
sebanyak 3,35 angka. Rerata hasil tes pada tahap prasiklus sampai siklus dua
meningkat sebanyak 14,83 angka, (3) motivasi dan perilaku siswa kelas VII MTs
Roudlotul Huda Kebumen mengalami peningkatan ke arah lebih baik. Penilaian
berdasarkan lembar pengamatan dari tahap prasiklus, siklus satu, dan siklus dua
siswa mengalami peningkatan. Aspek keantusiasan siswa mengikuti pelaksanaan
pembelajaran pada prasiklus cukup, pada siklus satu baik, dan meningkat pada siklus
dua yaitu baik sekali. Pada aspek perhatian siswa terhadap materi di tahap prasiklus
baik, pada tahap siklus satu juga baik, dan mengalami peningkatan pada siklus dua
yaitu baik sekali. Aspek peran siswa dalam kegiatan pembelajaran pada tahap
prasiklus kurang, meningkat pada silus satu yaitu cukup, dan pada siklus dua juga
cuku