Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE KOLABORASI SISWA KELAS VII MTS ROUDLOTUL HUDA TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Harisun
dc.date.accessioned 2018-02-12T09:01:46Z
dc.date.available 2018-02-12T09:01:46Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2279
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran kolaborasi sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi; (2) mendeskripsikan prestasi belajar menulis puisi siswa kelas VII MTs Roudlotul Huda Kebadongan Kebumen setelah mengikuti pembelajaran melalui metode kolaborasi; (3) mendeskripsikan motivasi menulis puisi siswa kelas VII MTs Roudlotul Huda Kebadongan Kebumen setelah mengikuti pembelajaran melalui metode kolaborasi; Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Roudlotul Huda Kebumen tahun pembelajaran 2012/2013 sebanyak 31 siswa. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus satu, dan siklus dua. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan, kuesioner, wawancara, dan tes. Teknik analisis data, digunakan teknik kualitatif dan kuantitaif. Dalam teknik penyajian hasil analisis data menggunakan teknik informal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan. (1) langkah-langkah metode pembelajaran kolaborasi meliputi a) penulis memberikan penjelasan tentang kegiatan menulis puisi, b) penulis membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri atas dua sampai tiga orang, c) siswa di beri tes menulis puisi dengan topik kindahan alam. Siswa diperbolekan saling bertukar pikiran, d) penulis memerintahkan masing-masing anggota membaca hasil karya teman yang lain dalam satu kelompok, dan memberikan penilaian ataupun kritik dan saran, e) masingmasing kelompok membacakan karya puisi yang dianggap paling baik, f) penulis dan siswa bersama-sama membahas hasil penulisan puisi. Kelompok lain diberi kesempatan untuk memberi kritik dan saran. (2) nilai rerata hasil prasiklus mencapai 65,63 dan rerata pada siklus satu adalah 77,11 atau terjadi peningkatan 11,48 angka. Nilai rerata pada siklus dua mencapai 80,46 sehingga terjadi peningkatan kembali sebanyak 3,35 angka. Rerata hasil tes pada tahap prasiklus sampai siklus dua meningkat sebanyak 14,83 angka, (3) motivasi dan perilaku siswa kelas VII MTs Roudlotul Huda Kebumen mengalami peningkatan ke arah lebih baik. Penilaian berdasarkan lembar pengamatan dari tahap prasiklus, siklus satu, dan siklus dua siswa mengalami peningkatan. Aspek keantusiasan siswa mengikuti pelaksanaan pembelajaran pada prasiklus cukup, pada siklus satu baik, dan meningkat pada siklus dua yaitu baik sekali. Pada aspek perhatian siswa terhadap materi di tahap prasiklus baik, pada tahap siklus satu juga baik, dan mengalami peningkatan pada siklus dua yaitu baik sekali. Aspek peran siswa dalam kegiatan pembelajaran pada tahap prasiklus kurang, meningkat pada silus satu yaitu cukup, dan pada siklus dua juga cuku en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject menulis puisi, metode kolaborasi. en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE KOLABORASI SISWA KELAS VII MTS ROUDLOTUL HUDA TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account