Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 10 Purworejo Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Tahun Ajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Khasanah, Fatzilahtun
dc.date.accessioned 2018-02-12T09:03:17Z
dc.date.available 2018-02-12T09:03:17Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2280
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika pada siswa kelas VIII CSMP Negeri 10 Purworejo tahun ajaran 2015/2016dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan apakah meningkatnya kemampuan berpikir kritis akan diikuti dengan meningkatnya prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dimulai dari Juni 2015 sampai dengan Januari 2016. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII CSMP Negeri 10 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016, yang terdiri dari 17 putra dan 14 putri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasikemampuan berpikir kritis dan tes prestasi belajar. Setelah data terkumpul, data dianalisis menggunakan rumus rata-rata (mean) dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar matematika siswa. Dari keadaan siswa yang awalnya kemampuan berpikir kritis masih rendah menjadi meningkat dan diikuti dengan meningkatnya prestasi belajar matematika.Rata-rata persentasekemampuan berpikir kritis belajar matematika berdasarkan observasi pada siklus I sebesar 66,72 dengan kriteria cukup, siswa tuntas sebanyak 8 siswa atau 22,58% meningkat menjadi 76,61 pada siklus II dengan krtiteria baik, siswa tuntas sebanyak27 siswa atau 87,10%. Meningkatnyakemampuan berpikir kritis belajar matematika diikuti dengan meningkatnya prestasi belajar siswa dengan rerata 72,45 pada siklus I dengan siswa tuntas sebanyak 18siswaatau 58,06% meningkatmenjadi 77,42 pada siklus II dengan siswa tuntas sebanyak 25 siswa atau 80,65%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis belajar matematika diikuti prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII CSMP Negeri 10 Purworejotahun ajaran 2015/2016. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Berpikir Kritis,NHT, Prestasi Belajar. en_US
dc.title Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 10 Purworejo Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Tahun Ajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account