Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan: (1)
perwatakan tokoh utama novel Jokowi Si Tukang Kayu; (2) nilai pendidikan novel
Jokowi Si Tukang Kayu; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Jokowi Si
Tukang Kayu di SMA.
Subjek penelitian ini adalah novel Jokowi Si Tukang Kayu karya
Gatotkoco Suroso; objek penelitian berupa tokoh utama novel Jokowi Si Tukang
Kayu, nilai-nilai pendidikan novel Jokowi Si Tukang Kayu; fokus penelitian
berupa perwatakan tokoh utama (dimensi fisiologis, dimensi psikologis, dan
dimensi sosiologis), nilai pendidikan (nilai pendidikan agama, nilai pendidikan
sosial, nilai pendidikan moral, dan nilai pendidikan budaya; teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah teknik pustaka; teknik analisis data dilakukan
teknik analisis isi (content analisys); dalam penyajian hasil analisis digunakan
teknik informal.
Dari pembahasan data, penulis memperoleh simpulan (1) perwatakan
tokoh utama novel Jokowi Si Tukang Kayu karya Gatotkoco Suroso, antara lain:
(a) dimensi fisiologis, meliputi:badan kurus, tubuh kuat, laki-laki, dan rambut
panjang; (b) dimensi psikologis, meliputi: beriman, keberanian, mandiri, optimis,
pandai, pekerja keras, percaya diri, mempunyai prinsip, realistis, rela berkorban,
tegar, dan usil; (c) dimensi sosiologis, meliputi: masyarakat kelas bawah,
mahasiswa, beragama Islam, orang Jawa, dan menyukai musik rock; (2) nilai-nilai
pendidikan dalam novel Jokowi Si Tukang Kayu, antara lain: (a) nilai pendidikan
agama, meliputi: berdoa, beribadah, bersyukur, ikhlas, sabar, dan tawakal; (b)
nilai pendidikan moral, meliputi: disiplin, jujur, kerja keras, kreatif, pantang
menyerah, percaya diri, rajin belajar, sungguh-sungguh, tanggung jawab, dan
tekad kuat; (c) nilai pendidikan sosial, meliputi: berbakti kepada orang tua, kasih
sayang, memberi motivasi, dan persahabatan; (d) nilai pendidikan budaya,
meliputi: melestarikan tembang Jawa dan menggunakan bahasa daerah; (3)
rencana pelaksanaan pembelajaran novel Jokowi Si Tukang Kayu karya Gatotkoco
Suroso di SMA, yaitu: (a) Standar Kompetensi Mendengarkan 7. Memahami
berbagai hikayat, novel Indonesia dan terjemahan; (b) Kompetensi Dasar 7.1
menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia dan terjemahan.
Dalam pembelajaran novel Jokowi Si Tukang Kayu karya Gatotkoco Suroso
digunakan metode ceramah, metode diskusi, dan metode tanya jawab.
Kata Kunci: tokoh utama, nilai pendidikan, pembelajaranya di SMA