Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

IDENTIFIKASI TOKOH UTAMA DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN NOVEL JOKOWI SI TUKANG KAYU KARYA GATOTKOCO SUROSO DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Setyawan, Yudi
dc.date.accessioned 2018-02-12T09:04:28Z
dc.date.available 2018-02-12T09:04:28Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2281
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan: (1) perwatakan tokoh utama novel Jokowi Si Tukang Kayu; (2) nilai pendidikan novel Jokowi Si Tukang Kayu; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Jokowi Si Tukang Kayu di SMA. Subjek penelitian ini adalah novel Jokowi Si Tukang Kayu karya Gatotkoco Suroso; objek penelitian berupa tokoh utama novel Jokowi Si Tukang Kayu, nilai-nilai pendidikan novel Jokowi Si Tukang Kayu; fokus penelitian berupa perwatakan tokoh utama (dimensi fisiologis, dimensi psikologis, dan dimensi sosiologis), nilai pendidikan (nilai pendidikan agama, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan moral, dan nilai pendidikan budaya; teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pustaka; teknik analisis data dilakukan teknik analisis isi (content analisys); dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik informal. Dari pembahasan data, penulis memperoleh simpulan (1) perwatakan tokoh utama novel Jokowi Si Tukang Kayu karya Gatotkoco Suroso, antara lain: (a) dimensi fisiologis, meliputi:badan kurus, tubuh kuat, laki-laki, dan rambut panjang; (b) dimensi psikologis, meliputi: beriman, keberanian, mandiri, optimis, pandai, pekerja keras, percaya diri, mempunyai prinsip, realistis, rela berkorban, tegar, dan usil; (c) dimensi sosiologis, meliputi: masyarakat kelas bawah, mahasiswa, beragama Islam, orang Jawa, dan menyukai musik rock; (2) nilai-nilai pendidikan dalam novel Jokowi Si Tukang Kayu, antara lain: (a) nilai pendidikan agama, meliputi: berdoa, beribadah, bersyukur, ikhlas, sabar, dan tawakal; (b) nilai pendidikan moral, meliputi: disiplin, jujur, kerja keras, kreatif, pantang menyerah, percaya diri, rajin belajar, sungguh-sungguh, tanggung jawab, dan tekad kuat; (c) nilai pendidikan sosial, meliputi: berbakti kepada orang tua, kasih sayang, memberi motivasi, dan persahabatan; (d) nilai pendidikan budaya, meliputi: melestarikan tembang Jawa dan menggunakan bahasa daerah; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Jokowi Si Tukang Kayu karya Gatotkoco Suroso di SMA, yaitu: (a) Standar Kompetensi Mendengarkan 7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia dan terjemahan; (b) Kompetensi Dasar 7.1 menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia dan terjemahan. Dalam pembelajaran novel Jokowi Si Tukang Kayu karya Gatotkoco Suroso digunakan metode ceramah, metode diskusi, dan metode tanya jawab. Kata Kunci: tokoh utama, nilai pendidikan, pembelajaranya di SMA en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject tokoh utama, nilai pendidikan, pembelajaranya di SMA . en_US
dc.title IDENTIFIKASI TOKOH UTAMA DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN NOVEL JOKOWI SI TUKANG KAYU KARYA GATOTKOCO SUROSO DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account