dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan: (1)
Mendeskripsikan fakta cerita (tokoh, latar, dan alur) novel Bait-Bait Cinta; (2)
Menjelaskan pembelajaran novel Bait-Bait Cinta sebagai bahan pembelajaran
sastra di SMA.
Objek penelitian ini adalah teks novel Bait-Bait Cinta yang selanjutnya
disingkat dengan BBC karya Geidurahman Elmishry. Fokus penelitian ini
difokuskan pada segala sesuatu yang terjelma dalam tokoh dan latar novel BBC.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Instrumen
penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah kertas-kertas pencatat data
yang digunakan untuk mencatat data tokoh dan latar. Teknik analisis data
dilakukan dengan teknik content analysys. Sumber data penelitian ini adalah
semua data yang diperoleh dan bersumber dari objek penelitian. Teknik penyajian
hasil analisis ini dilakukan dengan menggunakan teknik informal.
Dari hasil analisis dan pembahasan data diketahui bahwa: (a) Fakta cerita
dalam novel Bait-Bait Cinta sebagai berikut: (1) Tokoh utama novel Bait-Bait
Cinta terdiri dari tokoh utama dan tokoh bawahan. Tokoh utama novel ini adalah
Jaka Suganda, tokoh bawahan novel Bait-Bait Cinta adalah Fatimah, Amira, Ibu
Cicih, Haji Ismail, Sukarto,Muhammad Iyad, Hajjah Murtamah, Bawwab,
Hammada, Uztad Ahmad, dan Doktor Sa’aduddin; (2) Latar novel Bait-Bait Cinta
Uztad Ahmad terdiri dari latar tempat, yakni Cipakat, Sukorame, Rumah Haji
Ismail, Atabah, Bandara Kairo, Kedai Kusari, Pasar Loak Uzbekiyah, Lapangan
Klub Zamalkawi, Kornisy Al-Nil, Wasath Al-Balad, dan Gedung Islamic Center;
latar sosial yang mengambil kelas menengah ke bawah dan ke atas, yaitu kaum
petani dan pengelola kolam adalah contoh kaum menengah ke bawah. Kaum
menengah ke atas, yaitu pengusaha kolam ikan, seorang dermawan, dosen,
pegawai administrasi, dan seorang wiraswata; dan latar waktu novel Bait-Bait
Cinta berlangsung pada pagi, siang, sore, musim panas, musim semi, beberapa
menit kemudian, dan malam hari; (3) Alur novel Bait-Bait Cinta adalah alur sorot
balik. Alur tersebut melalui lima tahapan, tahap situasi, tahap pemunculan
konflik, tahap peningkatan konflik, tahap klimaks, dan tahap penyesuaian. (b)
Skenario pembelajaran novel Bait-Bait Cinta di SMA meliputi, perencanaan
pembelajaran (menyusun RPP dan menyiapkan media pembelajaran), pelaksanaan
pembelajaran, dan refleksi. |
en_US |