Abstract:
Tujuan dari penulisan ini adalah (1) mendeskripsikan makna kias yang
terkandung dalam lirik lagu yang berjudul Titip Rindu Buat Ayah, Untuk Kita
Renungkan, dan Masih Ada Waktu karya Ebiet G. Ade dan (2) mendeskripsikan
lagu yang berjudul Titip Rindu Buat Ayah, Untuk Kita Renungkan, dan Masih Ada
Waktu karya Ebiet G. Ade tersebut dapat digunakan sebagai skenario
pembelajaran sastra di kelas X SMA.
Pada penelitian ini, penulis memilih objek penelitian berupa lirik-lirik lagu
Ebiet G. Ade yang terdiri dari tiga buah lagu diantaranya Titip Rindu Buat Ayah
dalam album Camellia IV, Untuk Kita Renungkan dalam album Tokoh-Tokoh, dan
Masih Ada Waktu album Sketsa Rembulan Emas. Teknik pengumpulan data yang
digunkan oleh penulis adalah teknik observasi dan studi kepustakaan. Teknik
observasi adalah pengamatan, meliputi kegiatan pemusatan perhatian terhadap
suatu objek dengan menggunakan seluruh pancaindera dan studi kepustakaan
adalah metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mempelajari dan
mengutip teori atau konsep dari sejumlah literatur baik buku, jurnal, atau karya
tulis lainnya yang relevan dengan topik, fokus, atau variable penelitian. Dalam
analisis data, penulis menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik penyajian hasil
analisis yang digunakan oleh penulis adalah teknik informal.
Dari analisis data disimpulkan bahwa (1) teknik penyajian hasil analisis
makna kias yang terdapat dalam lirik-lirik lagu Ebiet G. Ade yang berjudul Titip
Rindu Buat Ayah, Untuk Kita Renungkan, dan Masih Ada Waktu dapat
disimpulkan bahwa ada beberapa makna yang bukan makna sebenarnya. Makna
kias yang terdapat pada lagu Titip Rindu Buat Ayah adalah metafora, hiperbola,
dan perbandingan (simile). Makna kias yang terdapat pada lagu Untuk Kita
Renungkan adalah metafora, metonimia, allegori, dan personifikasi. Makna kias
yang terdapat pada lagu Masih Ada Waktu adalah metafora, sinedoks (pars pro
toto), dan personifikasi. (2) skenario pembelajaran makna kias dalam lirik lagu
Ebiet G. Ade meliputi, perencanaan pembelajaran (menyusunan RPP dan
menyiapkan media pembelajaran), pelaksanaan pembelajaran, dan refleksi.